Website Portfolio

Rendi Azmi

Kreatif Desainer Grafis Audio Visual Artist Pesepeda Fixie Harmonis

Jan 3, 2015

A lots of Advantages in One Technology

Tahun baru 2015 pagi ini seperti kayak pagi-pagi sebelum-sebelumnya bangun kesiangan dan jarang ngeliat matahari terbit. Ini mungkin bisa jadi salah satu penyebab muka saya agak gelap-gelap asem gitu kali ya, kurang pasokan cahaya matahari, lalu polusi belek dan iler yang sudah menggumpal berevolusi jadi lotion minyak yang menempel dimuka.. #astagfirullah
 
Ngomong-ngomong tentang polusi, di kota tempat tinggal saya tercinta, Banjarmasin.. sekitar 2 bulan an lalu lagi heboh-heboh nya kabut asap yang bikin sesak nafas. Entah dari mana datangnya kabut asep tersebut, yang jelas asep tersebut bikin ganggu dan males buat keluar rumah. 

Bukan hanya ke ganggu sama asap misterius tersebut aja, akhir-akhir ini saya juga ke ganggu sama asap yang berasal dari polusi kendaraan bermotor. Muka yang sudah lahir dengan gelap asem begini sekarang harus ditambah lagi sama asep kendaraan motor, udah gak bisa dibayangin lagi. Muka saya mungkin udah mirip pemain sepak bola Adebayor yang kena siram kecap terus kecebur di lumpur pula. #beuh #sadizz

*** 
Nah, kira-kira ada gak sih kendaraan bermotor yang gak ngeluarin asap polusi kayak begitu? Atau minimal ada gak sih kendaraan bermotor yang punya teknologi khusus buat nge redam polusi yang merajalela tersebut?
Jawabannya…. Ternyata Ada!
originally source by Honda
 
“Wah, apa itu PGM-FI?”
Jadi, PGM-FI ini adalah singkatan dari Programmed Fuel Injection atau bahasa manusianya yang lebih jelas maksudnya adalah sebuah Teknologi berupa sistem suplai bahan bakar cerdas atau ter-program dengan tingkat teknologi kontrol elektronik yang sangat bersahabat dengan lingkungan. 

Bisa dibilang, Sistem injeksi PGM-FI sangat berbeda sekali dengan kendaraan biasa yang menggunakan karburator dalam banyak hal. PGM-FI ini bekerja dengan cara mengalirkan bahan bakar menuju fuel injector, kemudian dengan pintar mencampurkannya dengan oksigen, lalu proses pencampuran itu diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan komposisi yang tepat dan optimal untuk menghasilkan tenaga efektif sesuai kebutuhan mesin pada setiap keadaan dengan emisi yang ramah lingkungan sesuai standar tingkat dunia. *tepuk tangan*


Teknologi ini sendiri hanya diterapkan di salah satu perusahaan motor ternama saja sekarang ini, jadi jangan berharap bisa menemukan sistem lebih canggih lagi pada motor lain dalam waktu dekat.
 
“Dan…. Produk dari manakah itu?”
Yap.. Teknologi ini dirancang pertama kali khusus dan sekaligus dikembangkan sendiri oleh Astra Honda Motor sekitar 20 tahun yang lalu. Namun Teknologi ini baru ramai diperbincang luaskan di Indonesia sekitar tahun 2005-an. Tampilnya Honda sebagai sang leader untuk industri motor di Indonesia sekarang, bagi saya bukanlah hal yang baru, karena pada zaman dahulu popularitas Honda sudah besar.

Btw, ada yang pernah ingat waktu orang tua kita zaman dulu sering nyebut motor merk Honda untuk tiap motor sekalipun merk aslinya bukan Honda? Hehehe. Kalo iya, berarti masa kecil mu bahagia. :D

Mungkin berawal dari sinilah masyarakat mengenal image keren tentang motor Honda yang sangat melekat di kalangan penduduk Indonesia sampai sekarang, yang mana melalui inovasi nya yang tiap tahun tiada henti demi memprioritaskan kepuasan konsumen. Selain itu, Honda juga mempunyai komitmen luar biasa sebagai pelopor industri motor mengenai rajanya motor ekonomis dan juga pastinya irit bahan bakar. #yosh



“Kira-kira, apa yang mendasari Honda mengembangkan Teknologi PGM-FI ini?”

Yang jelas hal terutama yang menjadi latar belakang Honda sekarang lagi giatnya mengembangkan teknologi PGM-FI ini adalah makin rusaknya lingkungan kita yang sekarang ini diakibatkan oleh Global Warming dan juga polusi asap yang tiap hari susah sekali dihindari di jalanan ketika berkendara.



Nah, dari pokok masalah ini lah muncul ide tersebut agar Teknologi PGM-FI ini agar terus dikembangkan dan disempurnakan demi mengurangi rusaknya lingkungan sekitar.



Arghh… Baik bener kan Honda? Jelas!
 
 
Jadi, apa saja kelebihan Teknologi PGM-FI ini?
1. Kecanggihan teknologi PGM-FI membuat mesin lebih mudah dihidupkan dalam segala kondisi suhu udara, ketinggian dari permukaan laut dan bahkan setelah lama tidak dihidupkan sekalipun.



2. Perpaduan antara kecerdasan sensor O2 dan catalytic converter dalam teknologi PGM-FI untuk mengendalikan kadar gas buang yang mampu menekan emisi hingga 90%, sesuai dengan standar regulasi EURO 3 (setara dengan standar dunia). Mampu menekan Emisi hingga 90%, menjaga udara tetap bersih. 


 
3. Mengendalikan komposisi optimal antara pasokan bahan bakar dan oksigen untuk menghasilkan pembakaran yang lebih efisien hingga 17%.



4. Pengaturan kinerja mesin yang telah terprogram pada setiap putaran mesin akan memberikan akselerasi yang lebih responsif. Teknologi serupa yang juga diaplikasikan pada motor juara MotoGP, kini ada di sepeda motor kesayangan Anda.



5. Sistem kendali elektronik dalam PGM-FI didukung oleh MIL (Malfuction Indicator Lamp) untuk mengidentifikasi gangguan mesin melalui jumlah kedipan lampu sehingga membantu perawatan menjadi lebih mudah. Perawatan optimal dapat dilakukan di Bengkel Resmi Honda seluruh Indonesia. 



6. Cocok menggunakan Premium di seluruh SPBU Indonesia.



7. Dengan membeli motor Honda Anda akan mendapatkan garansi komponen  PGM-FI selama 5 tahun 50.000 km, semuanya tergantung mana poin yang tercapai lebih dahulu. Garansi ini diberikan untuk produk motor Honda Spacy Helm In PGM – FI dan Supra x Helm in PGM FI dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.



Selain 7 kecanggihan ini, Honda juga memudahkan pemilik atau mekanik mengatasi gangguan motor nya, melalui komputer yang dilengkapi dengan fungsi diagnosa mandiri atau self diagnostic function. Jika terjadi gangguan, lampu indikator gangguan atau Malfunction Indicator Lamp (MIL) akan menyala selama 2 detik dan kemudian mati (kalibrasi). Bila terjadi kegagalan atau kelainan pada sensor-sensor PGM-FI, lampu akan memberikan kode berupa kedipan sesuai dengan sensor yang rusak.

Ada 2 jenis kedipan MIL yaitu pendek (0,3 detik) dan kedipan panjang (1,3 detik). Jika berkedip pendek, berarti 1 dan MIL berkedip panjang berarti 10. Kode tersebut akan terus berkedip hingga permasalahan dapat diatasi. Jika terjadi dua atau lebih kerusakan, semua kode akan dikeluarkan secara berulang-ulang dan terjadi selama posisi kunci kontak ON.

Setiap kedipan itu merupakan kode untuk mendeteksi lokasi kerusakan pada mesin dengan teknologi PGM-FI. Dengan cara ini masalah bisa ditangani dengan cepat dan akurat.

 Berikut kode tersebut


posisi lampu yang berkedip

Jadi, itulah beberapa kelebihan atau advantage dari teknologi canggih PGM-FI ini. Selain dari tiap-tiap poin kelebihan diatas, tentu Honda sangat paham betul mengenai keinginan konsumen nya tentang desain. Untuk model setiap motor nya Honda mempunyai banyak produk varian diantaranya adalah:



Semua motor nya masing-masing punya elegan dan nilai kharismatik tersendiri.. tinggal pilih doang. dijamin pake PGM-FI jadi tambah makhluk kekinian abis. apalagi pake CBR nya beuh, macho abis!
Sekian.. Postingan ini. Cukup panjang lebar. Semoga Masyarakat Indonesia menjadi lebih paham dan mengerti mengenai Teknologi PGM-FI ini kemudian sadar akan lingkungan kita yang nantinya akan berubah menjadi lebih baik.

Cinta PGM-FI. Cinta Bumi Indonesia! #yosh

***

*bonus: saya dan motor tercinta saya Honda Supra X 125 PGM-FI*





*thanks to image and article source:
- welovehonda.com
- astramotor.co.id (especially Honda Trio Motor Banjarmasin)
- merdeka.com/otomotif/9-keunggulan-teknologi-pgm-fi-honda.html
- http://otomotif.kompas.com/read/2012/04/18/1795/Memahami.Kedipan.MIL.pada.Honda.PGM-FI

RNDZM. diambil dari kosa kata nama sendiri yaitu Rendi Azmi. Lahir di Banjarmasin, Kota Seribu Sungai 2-Puluhan Tahun Lalu. Mempunyai masa kecil yang teramat bahagia pada masa TK, SD, SMP, SMA dengan sesosok ‘bayangan’ nya atau bisa dikenal dengan saudara kembar nya yang kebetulan mempunyai wajah dan sifat yang mirip. (ya iyalah)..

12 Komentar:

  1. Ulun kira bujuran ada zayn maliknya :( *tab close*

    Dasar keren lah honda nih, oh inggih bahari urang nyambat honda tarus ahhahahha

    Lawan honda nih paling hemat dah diantara yg lain bensinnya muehehheh

    Good luck ka Rendi^^

    ReplyDelete
  2. Wes review ya coy, ? keren-keren...

    ReplyDelete
  3. Honda ja pang sako yang paling irit nih :D yalo ?
    Oiya nang, ku nominasiin Liebster Award lah :) bisa dicek http://rizqialam.blogspot.com/2015/01/yaelah-liebster-award.html
    amun sudah sorry ai :3 huahahaha

    ReplyDelete
  4. Wah bingung nih gue harus dukung lo atau si Adit. Muehehe.

    ReplyDelete
  5. Pina rami nah buhan banjar mereview Honda PGM-FI? Ada acara apa?

    ReplyDelete
  6. MOTOR GUE NIH! *capslock jebol*

    Teknologi motor manual jaman sekarang emang makin keren. Tapi gimana pun, gue lebih sering pake motor matic gue daripada yang manual wkwk :p

    ReplyDelete
  7. Baru mampir udah suka sama tulisannya :)

    www.fikrimaulanaa.com

    ReplyDelete
  8. wah ini lagi ikutan GA dari honda ya. keren loh reviewnya. ditambah gambar yang menarik. semoga menang deh lo

    ReplyDelete
  9. Karena sekarang perkembangan teknologi ramah lingkungan sudah mulai maju, makanya mulai juga gunakan tray makanan ramah lingkungan. Gunakan Greenpack yakni dus makanan yang dibuat dengan menggunakan teknologi canggih untuk menghasilkan produk yang ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  10. Terima kasih atas info yang sangat menarik ini gan =))
    Kunjungi balik blog ane ya gan :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://goo.gl/lNMX3D | http://goo.gl/sCBswn | http://bit.ly/1NM7v7j | http://goo.gl/eQV9d3 | http://tinyurl.com/plzqfn6 | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/tw2ZtP | http://bit.ly/1SBm0g2 | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/RkuB4G | http://goo.gl/8rM20b

    ReplyDelete

RENDI AZMI
+62 896-1269-9535
Banjarmasin, Indonesia

HUBUNGI SAYA

Powered by Blogger.